bringing you the best side of graphics

[Tutorial] How To Make a Photo into Cartoons

Halooo semua, aduh udh lama bgt gak post apa-apa -__-

maaf ya kalau tutorialnya berantakan -__-

——vvvvv——-

1. Buka Photoshop (kalau aku pake cs4)

2. Kalau udah  kebuka, pilih gambar yang pingin kamu bikin jadi kartun.


Misalnya nih, aku pake Jessica. Oh iya aku saranin cari foto yang closeup biar lebih gampang bikinnya.

3. Buat 2 layer baru. satu yang warna putih, satu lagi buat outline. nah aku saranin lagi, layer yang buat outline, kamu kasih nama ‘outline’ biar nantinya gak bingung.

4. Kamu zoom gambarnya, supaya pas kita bikin polanya pake pen tool, jadi lebih rapih.

5. Klik pentool,

6. Buat pola gambar pake pen tool, di layer ‘outline’ yg tadi di bikin yah..  kaya gini contohnya kalau udah di pen tool,

7. Atur brush kamu jadi basic brush, nah ukuran brushnya yang kecil aja, sekitar 9/10. Tapi tergantung besar/kecilnya foto juga.

8. Klik lagi pen tool nya, terus klik kanan di fotonya, pilih ‘Stroke path’

9. Muncul toolbar

10. Pilih brush, Klik ok, jadinya ada outline warna hitam (karna aku pakenya hitam) kalau mau pakai warna lain bisa juga kok.

11. Klik kanan lagi di gambar, terus pilih delete path, nah kalau foto aslinya di klik ‘invisible layer visibility (yang gambar mata) jadi nya bisa melihat pola yang kita bikin (rapih, atu enggaknya)

12. Nah sekarang bentuk lagi polanya pake pen tool. Buat layer baru lagi, terus kasih nama ‘hair’ (karena aku bikin pola rambutnya dulu) terus ikutin cara kayak tadi bikin outline yah.. di stroke, dll. Nah jadinya gini,

13.  Buat layer baru lagi, kasih nama ‘body’ (terserah sih sebenernya mau bentuk pola yang mana dulu, ini buat contoh aja ya😉 ) di stroke, di delete path juga ya, pokoknya tiap bikin layer pola jgn lupa di stroke, trus di delete jg path nya.  Jadinya kaya gini,


maaf ya berantakan. buru-buru soalnya ..v

14. Buat layer baru lagi, kasih nama ‘accesories’ (buat kancing dan yang lain-lainya)

15. Terus bikin polanya sesuai foto. Kalau mau lebih rapih, setiap bagian pola, kamu bikin layernya. Nah kalau udah selesai polanya gini nih,

16. Habis itu kita warnain deh pola yang udah jadi. Aku mulai dr rambutnya yaa. Klik new layer lagi, kasih nama ‘hair color’ terus ubah tipe layer nya jadi multiply. Warnain deh rambutnya pake brush, hardness nya ubah jadi 100 ya. warna nya tergantung kalian aja. Kalau keluar dari garis warnainnya, hapusnyapake eraser.

17. Cara mewarnai semua bagian pola, sama kaya warnain rambut ya.. aku capek kalau jelasin satu-satu, hehe…
    Kalau udah di warnain polanya, begini jadinya…

18. Sekarang tinggal kita kasih sentuhan shadows, biar keliatannya agak lebih nyata, caranya buat layer baru lagi diatas pola yang mau di kasih shadow (astaga banyak banget layernya *emang*) kasih layernya pake nama ‘hair shadows’ (aku bikin shadows buat rambut)

19. Misalnya aku bikin shadows buat rambut nih yaa,  pilih warna yang lebih tua dari warna pola yang tadi kamu buat. Rambutnya kan aku buat warna coklat, jadi aku pilih warna coklat, tapi yang lebih tua.

20. Warnain di sekitar pola yang mau kamu kasih shadow, oh iya layernya juga rubah tipenya jadi multiply.

21. Kalu udh di warnain, klik kanan layer ‘hair shadows’ nya. terus pilih ‘create clipping mask’ kalau udah, ubah opacitynya sesuai keinginan. Kalau aku, sekitar 20% kebawah.

Nah kayak gini jadinya…

22. Kalau mau lebih bagus, semua bagian pola, kamu kasih shadows, tapi terserah aja sih….

jadi mentahnya kaya gini

23. Tinggal di kasih background, atau mau di tambahin psd, png, atau yang lain-lain juga boleh… Taraaaaa, jadinya kaya gini,,,,

Makasih udah baca tutorial buatanku. Maaf ya kalau berantakan atau bikin pusing ..v

Kalau ada yang mau copy, tolong pake credit ya, soalnya aku bikinny susah banget loh *siapaygnanya

kalau ada yang ga ngerti, silahkan ditanyain^^

Oke aku pamit… Semoga bermanfaat^^

-Mellanieya-

40 responses

  1. bagi link download photoshop coba=_= td udh download tp ga ngerti instalnya

    Desember 28, 2013 pukul 4:57 am

  2. livjuan

    Keren

    Januari 30, 2014 pukul 11:30 am

  3. hwg

    izin save page ya =))

    Februari 13, 2014 pukul 4:25 am

  4. Gyu

    Keliatannya susah 😥
    gak papalah mencoba ^^
    thank’s infonya ^^

    Maret 7, 2014 pukul 7:13 am

  5. Gomawo tutornya..bermanfaat bgt ^^ aku udh bikin sesuai dgn tutormu dan hasilnya cukup memuaskan,, gomawo ya🙂

    Juni 8, 2014 pukul 1:52 pm

Leave a Reply ^__^

